Rabu, 31 Juli 2013
0 komentar

APEC - Asia Pacific Economic Cooperation

APEC

APEC adalah singkatan dari Asia Pacific Economic Cooperation atau sebuah kerjasama lintas Asia Pasifik. APEC memiliki tujan guna mengukuhkan pertumbuhan ekonomi antar anggota negara di Asia Pasifik. Organisasi ini dibentuk pada tahun 1989.

Sampai saat ini APEC telah memiliki 21 anggota aktif di seluruh Asia Pasifik. Mayoritas diantaranya adalah negara yang memiliki garis pantai ke Samudera Pasifik.

Seluruh anggota APEC rutin melakukan pertemuan setiap tahunnya. Dan untuk kali pertama, APEC diselenggarakan di Canberra, Australia yaitu pada tahun 1989. Setelah pertemuan pertama, kemudian APEC menghasilkan sebuah "Deklarasi Bogo" yang diselenggarakan di Bogor pada tahun 1994. Deklarasi ini bertujuan guna menurunkan bea cukai hingga ke angka nol dan lima persen di seluruh kawasan Asia Pasifik. Dalam deklarasi ini anggota memberikan range waktu kesepakatan penurunan bea cukai sampai tahun 2010 untuk negara maju, serta untuk negara berkembang paling lambat hingga tahun 2020.

Pada tahun 1997, Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) APEC diselenggarakan di kota Vancouver, Kanada. Namun sebuah insiden serta kontroversi timbul pada waktu itu sebab pihak kepolisian setempat menggunakan bubuk merica untuk meredakan aksi bentrokan masa yang melakukan unjuk rasa penolakan kehadiran Soeharto yang pada saat itu tengah menjabat sebagai Presiden RI.

Namun pada tahun 2003, kembali lagi bentrok terjadi saat organisasi massa (Ormas) dari Jamaah Islamiyah Riduan Isamuddin alias Hambali dikabarkan sedang merencanakan serangan kepada KTT APEC di Bangkok, Thailand. Namun aksi penyerangan itu kalah cepat dengan polisi setempat, pasalnya Hambali justru ditangkap sebelum aksinya ia lancarkan.

Kemudian pada tahun 2004, akhirnya KTT APEC digelar di Chili, Amerika Selatan. Dan dengan penyelenggaraan KTT APEC di Chili menandakan bahwa di tempat itulah KTT APEC pertama kali diselenggarakan di Benua Amerika.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Toggle Footer
Top